KIMI YANG CIAMIK



Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…
Awalnya sebelum gabung KIMI (Komunitas Ibu Muda Indonesia) adalah dari kepo tentang healing nya Tehh Irma Rahayu,eh nyangkut ke blognya Tehh Achi (Asri Fitriasari) a.ka Bu Ponder KIMI yang cantik,seneng banget liat tulisan-tulisannya,jadi berasa nyambung dan bergabunglah via whatsaap September 2016. Tadinya ragu mau gabung karena isinya pasti ibu-ibu yang masih muda,25 tahun keatas dikit lah,karena saya sendiri umur udah 39(Ha ha ha…kalau kata Bupon mah usia hanya angka,yang penting semangatnya,se7 ……banget). Senengnya lagi bisa se grup whatsaap dengan Teh Irma (Pendiri Emotional Healing Indonesia dan Penulis 4 Buku Money,Love,Emotional Healing dan Soul Therapy) dan group dengan parang dan bakiak cinta nya. Komunitas yang cool dan ciamik..

Ternyata setelah gabung di KIMI yang berisi bebo dari berbagai latar belakang dan umur ini saya dapat banyak pelajaran berharga dan jadi punya banyak saudara. Serunya di KIMI kita belajar berani untuk aware dan mengenal diri sendiri dengan lebih focus,gimana prosesnya….yah memang nggak gampang dan terseok-seok tapi tetap semangat. Salut dengan curhatan bebo KIMI dan usaha-usahanya untuk berproses. Awal tahun 2017 ada keinginan untuk untuk ikut Money Therapy dan Alhamdulillah bisa ikutan pada tanggal 29 Januari 2017 di Hotel Ibis Senen, Jakarta. Sepertinya masih terus ketemu dengan vibrasi yang sama dengan KIMI, niat berubah ke arah yang lebih baik dan mulailah Bupon di bulan Februari 2017 memberi Challenge/tantangan .
1.Challenge Beberes
Challenge pertama, yaitu beberes dan bebenah selama 1 bulan.  Waktu mendengar kata Challenge atau tantangan sebenarnya jujur ada rasa malas gerak tapi di satu sisi ada senengnya yaitu waktunya keluar dari zona nyaman nih, seruuu..mulai lah menyortir pakaian sendiri di lemari yang ternyata banyak yang tidak terpakai, baju anak juga dan untungnya anak-anak dengan sukarela mengeluarkan baju-baju nya sendiri untuk dihibahkan,suami pun ikutan(senengnya…),kemudian beralih ke dapur,kertas-kertas dokumen. Beberes besar sebenarnya sudah dimulai dari setahun yang lalu pas di bulan puasa, challenge ini seperti me-refresh dan mengingatkan untuk selalu rutin membersihkan rumah,karena menurut saya rumah bukan sekedar House tapi Home yang selalu nyaman untuk ditempati. Apalagi ini rumah pemberian orangtua yang sudah ditempati selama 33 tahun jadi memang banyak kenangannya dan harus dirawat dengan baik. Terasa lega dan plong dengan mengeluarkan barang-barang yang sudah tidak kita pakai dan mungkin masih bermanfaat buat orang lain, terasa aliran energy nya ke badan dan jiwa jadi lebih enteng dan malah bikin kecanduan(ha ha ha…). Jadi aware selama ini banyak menyimpan penyakit males gerak, nimbun barang, nimbun kenangan. Dengan beberes siapa tau bisa menemukan passionnya.
2.Decoupage Challenge
Challenge kedua adalah bikin kerajinan Decoupage di bulan Maret. Tanggal 11 Maret 2017 ada sekitar 12 bebo KIMI yang ikutan kelas Decoupage di Vintageous daerah Fatmawati Jakarta Selatan,seru dan baru pertama kali tau tentang Decoupage itu seni kerajinan tangan yang memakai tissue,lem,varnish dan medianya bisa dari kaleng,kayu,tas pandan dll. Saya memilih media tas kosmetik dari pandan dan tissue nya yang model di blok. Dari tantangan ini bisa ngulik jg penyakit gak sabaran,maunya langsung instant,cepat jadi tapi bagi saya sekaligus bisa jadi terapi untuk mengasah kesabaran,ketelatenan dan kreativitas. Seneng banget liat hasilnya meski masih kurang rapi dan lihat motif tissue yang lucu-lucu dan beragam jadi pengen coba di media lainnya.  
3.Find Happines Challenge
Challenge ketiga di bulan April adalah Find  Happiness. Atau terjemahan bebas menurut saya adalah menemukan inti kebahagiaan.Sekilas gampang tapi efek di badan bikin keringetan he he…kita disuruh menulis daftar apa yang kita senangi. Ternyata setelah diresapi..kebahagiaan itu sederhana,yaitu bersyukur atas apapun yang Allah berikan,utamanya saya masih diberi napas, panca indera yang lengkap dan sehat, diberi nikmat Iman dan Islam, mencintai diri sendiri, keluarga yang baik, pekerjaan yang baik, teman dan komunitas yang oke,peristiwa dan kejadian yang hadir di hidup kita baik susah dan senang, apapun itu pasti untuk kebaikan saya sendiri. Bisa terus silaturahmi dan saling berbagi/sharing apapun sudah membuat saya bahagia. So..let start happy right now,right here and everywhere.
4.Challenge Berbagi
Challenge keempat di bulan Mei adalah berbagi makanan, tapi sebelum dikasih  challenge nya kita mau ngapain, Bupon ngasih instruksi ..yaitu kita disuruh nulis daftar dosa,kebayang mau nulis aja udah meriang duluan, inget banyak banget dosa nya sampai sekarang. Nulis di kertas gak selesai-selesai,astagfirulloh. Mohon ampunan-mu ya Allah.
Selanjutnya baru dikasih tau bahwa challenge yang sebenarnya adalah berbagi makanan, kita diminta memberi makan senilai 30 ribu untuk 4 orang yang membutuhkan, dan transfer minimal Rp.30.000 untuk acara buka puasa bersama KIMI dan adik-adik panti asuhan di Bandung. Waktu pulang kerja naik angkot udah niat mau berbagi buat siapa aja yang ketemu di jalan ,ya sudah akhirnya buat bapak sopir angkot,bapak penjual pompa sepeda dan pak satpam komplek rumah. Bisa melihat orang tersenyum,rasa nya sesuatu banget bikin bahagia. Challenge ini mengingatkan saya pada almarhumah ibu saya yang memang senang nya berbagi, jadi terharu kalau ingat beliau. Semoga insya Allah bisa terus rutin untuk berbagi…apapun. Aamiin
5.Challenge Review Buku
Challenge kelima di bulan Juni  adalah  mereview satu buku. Pilihan jatuh pada buku karya Marie Kondo,Judulnya The Life Changing Magic of Tidying Up atau Seni Beres-beres dan Metode Merapikan Ala Jepang. Buku yang unik karena merapikan ada filosopinya. Ada 2 hal menarik yang Marie tulis bahwa: 1. Dengan membereskan rumah,kita sekaligus membereskan urusan dan masa lalu kita dan hasilnya kita bisa melihat dengan lebih jernih apa-apa saja yang kita butuhkan/tidak dalam hidup kita dan apa-apa saja yang harus dan tidak perlu kita lakukan. 2. Dengan menata ulang rumah kita secara menyeluruh, gaya hidup dan perspektif kita akan ikut berubah drastic. Kehidupan kita niscaya mengalami transformasi besar-besaran. Challenge yang bikin happy karena memang suka baca buku dan Bupon yang baik hati memberi hadiah buat 5 penyetor review pertama, Alhamdulillah banget dapat vitamin Ukon Kangen Water. Terimakasih Bupon surprise nya.
6.Challenge Menulis Blog
Challenge keenam di bulan Juli adalah menulis di blog. Jujur aja saya belum pernah nulis di blog, ini karena bantuan temen kerja yang berbaik hati ngajarin,masih banyak ketakutan, alasan, dan nundanya. Mengerjakan semua challenge ini saya niatkan karena Allah, meskipun terasa sulit tetapi ada saja jalan yang dimudahkan. Terimakasih banyak bupon yang udah ngasih 6 challenge dan  banyak manfaatnya buat saya untuk aware dengan petunjuk-petunjuk, selalu gerak, keluar dari zona nyaman, berpikir ulang kali kalau nunda-nunda sesuatu. Salam hormat dan salut buat bebo KIMI lainnya yang banyak menginspirasi dengan karya dan kisahnya. Saya bisa belajar dari bebo penyuka buku dan daftar buku yang direview di challenge bulan Mei bisa jadi masukan referensi buat Perpustakaan di kantor saya. Jadi ada keinginan untuk rutin menulis di blog tentang kutipan menarik suatu buku atau artikel. Terimakasih kepada Bapak saya seorang survivor kanker dari tahun 2012 yang daya juangnya luar biasa, almarhumah ibu yang mempunyai kasih sayang yang tulus, suami yang selalu mendukung dan anak-anak penyemangat hidup saya. Semoga blog ini bisa menjadi jalan yang barokah. Seandainya banyak kata yang kurang berkenan,mohon dimaafkan,saya mohon kritik dan sarannya yaa beeboo.
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

1 komentar:

  1. Alhamdulillah yaa Teh jadi punya rumah untuk menulis. Semangat teruuus yaaa. Kita bareng-bareng buat bebenah hidup :))

    BalasHapus

 
amazing life Blog Design by Ipietoon